Hari Santri: MA Sairun Pulau Rhun Gelar Upacara, Pawai Akbar bersama MIN dan MTs

SAIRUN-Banda: Dalam rangka memperingati Hari Santri Nasional yang jatuh pada 22 Oktober, Madrasah Aliyah Sarun Pulau Rhun (MA Sairun) yang berkolaborasi dengan MIN 6 Maluku Tengah dan MTs Gemala Hatta, melaksanakan upacara bendera di halaman MIN, Sabtu (22/10/2022), pagi.

Usai pelaksanaan upacara kemudian dilanjutkan dengan pawai akbar berkeliling Negeri Admistratif Pulau Rhun.

Pelaksanaan pawai akbar itu dilakukan untuk memeriakan kegiatan Hari Santri Nasional yang diikuti oleh seluruh peserta dari siswa dan guru masdrasah se-Pulau Rhun.

Peringatan hari santri  ini mengusung tema Nasional, yakni “Berdaya Menjaga Martabat Kemanusiaan.” Tema ini dimaksudkan agar para santri dapat menjaga kemanusiaan sebagai nilai dan esensi dai ajaran agama Islam di lingkungan masyarakat, bangsa dan negara.

Salah satu wujud menjaga nilai kemanusiaan adalah berbagi bersama, menjaga silaturahim dan mencintai lingkungan yang terbebas dari sampah plastik, khususnya di kawasan destinasi wisata, seperti Pulau Rhun, Kepulauan Banda, Maluku Tengah.

Para siswa yang berasal dari tiga jenjang satuan pendidikan madrasah itu, sangat antosias mengikuti seluruh rangkaian kegiatan hingga usai.

Penampilan guru mengenakan busana muslim di balut batik permpuan, sebagai ciri khas budaya bangsa. Sedangkan busana laki-laki mengenakan bajuh koko putih, kopiah dan sarung, yang menjadi ciri khas santri.

Kegiatan upacara dan pawai itu kemudian dilanjutkan dengan Makan Patita, sebagai ungkapan rasa syukur atas nikmat yang diberikan Allah SWT. (Adm).

Butuh bantuan?