MA Sairun Pulau Rhun Terima Mahasiswa PPL2 dari Universitas Banda Naira

Tiga orang mahasiswa Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Banda Naira melakukan Praktek Pengajaran Lapangan tahap dua (PPL2) di Madrasah Aliyah (MA) Sairun Pulau Rhun, Kecamatan Banda, Maluku Tengah, Rabu (31/8/2022). FOTO : UBN

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Dalam upaya mendukung program pengajaran di Madrasah Aliyah (MA) Sairun Pulau Rhun, Kecamatan Banda, Maluku Tengah, Universitas Banda Naira (UBN) menempatkan 3 orang mahasiswa Keguruan dan Ilmu Pendidikan untuk melaksanakan Praktek Pengajaran Lapangan tahap dua (PPL2) di MA tersebut.

Masing-masing mahasiswa yang ditugaskan berasal dari Program Studi Pendidikan Sejarah atas nama Megawati Abdin dan Ahdi Anwar. Sedangkan seorang mahasiswa atas nama Sukma Dewi dari Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia.

Para mahasiswa itu akan melaksanakan praktek mengajar selama dua bulan ke depan. Selain di Aliyah, juga akan membantu mengajar di Madrasah Tsanawiyah Gemala Hatta.

Kehadiran tiga mahasiswa PPL2 di madrasah yang baru beberapa pekanan lalu, mendapat ijin operasional itu di dampingi oleh instrukturnya Kasman Renyaan dan diterima langsung Wakil Kepala MA Sairun Pulau Rhun, Apri Sudin, Kamis (31/8/2022).

“Saya mewakili kepala madrasah merasa bangga dan mengucapkan terima kasih kepada kampus UBN yang telah mengirimkan mahasiswanya untuk berbagi pengetahuan dan pengalaman dengan peserta didik di MA baru ini,” kata Apri dalam siaran pers UBN.

Alumni STKIP Hatta-Sjahrir itu, mengatakan meskipun madrasah baru yang kini masih menumpang belajar di gedung Madrasah Ibtidaiyah (MI), tapi untuk peningkatan mutu peserta didik akan menjadi prioritas utama. Selain berbenah dalam proses meningkatkan ketersediaan sarana dan prasarana pendukung pendidikan lainnya.

“Kami akan terus berbenah agar madrasah baru ini, mendapat kepercayaan masyarakat Kecamatan Banda umumnya dan khususnya orang tua di Pulau Rhun untuk tidak khawatir menitipkan anaknya mengikuti proses pendidikan di sini. Karena madrasah ini didukung kampus UBN, yang mahasiswa dan alumninya siap mengabdi di madrasah ini. Kehadiran para mahasiswa PPL2 ini merupakan wujud komitmen kampus UBN terhadap madrasah aliah ini.” ujar guru matematika itu.

Terpisah, Rektor UBN Muhammad Farid, dalam sambutannya pada acara pelepasan mahasiswa PPL2, Senin (29/8/2022) mengatakan, MA Sairun Pulau Rhun merupakan sekolah satelit Kampus UBN, sehingga perlu didukung. Termasuk ketersediaan tenagga guru. Apalagi semua civitas akademika memiliki peran besar atas hadirnya madrasah ini.

Ketua Yayasan Pendidikan Banda Naira itu, berharap mahasiswa calon guru harus siap mengajar dan mengabdikan diri di sekolah manapun, termasuk di pulau terdepan di Kecamatan Banda.

“Mahasiswa calon guru harus siap di tempatkan di sekolah mana saja, tidak perlu ragu dan membedakan sekolah. Siapapun mahasiswa yang terpilih nantinya mendapat lokasi praktek mengajar di Pulau Rhun harus siap memberikan yang terbaik kepada peserta didik di sana. Praktek mengajar lapangan itu akan menjadi bekal dan pengalaman Anda ketika lulus kuliah dan menjadi guru nantinya,” kata Farid, menyemangati mahasiswanya.

Sumber : https://terasmaluku.com

Butuh bantuan?