PAS Perdana Guru MA SAIRUN Ajak Siswa Baca Ratib Al-Haddad

Madrasah Aliyah Sairun (MA Sairun) Pulau Rhun, Kecamatan Banda Kabupaten Maluku Tengah, mulai melaksanakan kegiatan Penilaian Akhir Semester (PAS) ganjil perdana, Senin, (28/11/2022), kemarin.

Pelaksanaan PAS ini digelar sebagai bentuk evaluasi hasil belajar peserta didik yang telah mengikuti serangkaian proses belajar dan pembelajaran selama semester berjalan.

Pantauan lapangan, nampak para siswa dirahkan oleh guru-gurunya untuk  berwuduh bersama di air keran Mesjid Attaqwa, yang berdekatan dengan lokasi madrasah itu. Selanjutnya dituntun untuk memasuki ruangan kelas ujian.

“Siswa di madrasah ini akan diperolehkan masuk ruangan setelah berwudhu. Pasalnya sebelum memulai kegiatan pembelajaran seluruh siswa biasanya wajib membaca Ratib Al-Haddad, sehingga harus suci.”Ungkap Suta Wiharja Prasetya,.

Menurut guru PAI dan bahasa Arab itu, bahwa seluruh rangkaian kegiatan dan tahapan proses pembelajaran mulai dari wudhu, berdoa, ujian, hingga meninggalkan kelas, akan menjadi pertimbangan siswa perolehan nilai dan prestasi yang baik, sehingga bukan hanya menilai kemampuan siswa menjawab soal-soal ujian.

“Jadi seluruh rangkaian kegiatan itu sebagai bagian dari proses pembelajaran dan akan membentuk generasi muda yang berkarakter dan berahlakul karimah.” Katanya.

Butuh bantuan?