Kepala Kanwil Kemang Resmikan MA Sairun Pulau Rhun, Siap Negerikan MTs Gemala Hatta

Kepala Kakanwil Kemenag Provinsi Maluku, H. Yamin dan Ketua Yayasan Pendidikan Banda Naira Muhammad Farid dan Kandepag Kabupaten Maluku Tengah, Taslim Tuasikal.

Salah satu rangkaian acara “Rhun Panggil Pulang” yang mempertemukan diaspora masyarakat Pulau Rhun di Indonesia, yakni peresmian Madrasah Aliyah (MA) Sairun Pulau Rhun.

Madrasah yang baru mendapat ijin operasional pada Agustus 2022 itu, kini telah diresmikan langsung oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemang) Provinsi Maluku H. Yamin di Pulau Rhun, Kecamatan Banda Kabupaten Maluku Tengah, Rabu (26/10/2022).

Peresmian ditandai dengan penandatangan prasasti oleh H. Yamin, bersama Ketua Yayasan Pendidikan Banda Naira Muhammad Farid, yang disaksikan Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Maluku Tengah Taslim Tuasikal dan sesepu Pulau Rhun Prof. Dr Hamadi B. Husain, serta masyarakat setempat.

Dalam sambutannya, Yamin, menegaskan MA Sairun Pulau Rhun akan didorong untuk menjadi Madrasah Kejuruan pertama di Maluku, bila saja moratorium telah usai.

Pasalnya Pulau Rhun merupakan sentra perikanan di Maluku dan memiliki ketersediaan sumber daya manusia khususnya sarjana perikanan yang dianggap cukup untuk menunjang proses pembelajaran.

Karena menjadi binaan Universitas Banda Naira, yang setiap tahunnya yang meluluskan banyak sarjana perikanan termasuk asal Pulau Rhun.

Prof. Dr. Hamadi Husain sedang menyampaikan arahan tamu undangan dalam kapasitas sebagai sesepuh Pulau Rhun dan Pembina Yayasan Pendidikan Banda Naira

“Saya akan mendorong MA Sairun menjadi Madrasah Kejuruan dan siap untuk meningkatkan status Madrasah Tsanawiyah (MTs) Gemala Hatta dari swasta menjadi negeri. Apabila pihak Yayasan pengelolah madrasah telah bersedia melepaskan dan segera mengusulkan untuk penegerian melalui sistem online madrasah,” ujar Yamin, menjawab usulan gurunya Prof. Dr. Hamadi B. Husein yang hadir dalam acara itu.

Upaya usulan penegerian MTs Gemala Hatta dilakukan pasca penandatangan dokumen resmi peryataan peralihan pengelolaan satuan pendidikan MTs Gemala Hatta dari Yayasan Citra Bahari kepada Yayasan Pendidikan Banda Naira, yang ditandatangai ketua yayasan kedua bela pihak, Rabu (26/10/2022) sore.

Turut hadir dalam acara peresmian MA Sairun, yakni Kepala Bidang Bimas Islam Kanwil Kemeng M. Rusdi Latuconsina, Kasi Kelembagaan dan Sistem Informasi Madrasah Murtadho, Sub koordinator Umum dan Humas H. Abd Karim Rahantan, Kasi pendikan Islam Kab. Maluku Tengah H Ahmad Sou. M.MP, Kasi Bimas Islam Kab. Maluku Tengah Yadi Wasahua,  dan sejumlah kepala madrasah se-Kecamatan Banda. (Sumber : terasmaluku.com).

Butuh bantuan?