Kamad dan Operator MA Sairun Ikut Pembukaan Bimtek Pendampingan EDM dan e-RKAM

SAIRUNnews, Banda : Kepala Madrasah (Kamad) dan Operator Madrasah Aliah Sairun Pulau Rhun, Kecamatan Banda, Kabupaten Maluku Tengah, mengikuti kegiatan pembukaan Bimbingan Teknis (Bimtek) dan Pendampingan Evaluasi Diri Madrasah (EDM) dan Electronic Rencana Kerja dan Anggaran Madrasah (e-RKAM) bagi Tim Inti Madrasah Rombel 1-Batch 4 yang berlangusung di Hotel Santika Ambon, Senin (20/5/2024).

Kegiatan yang dibuka oleh Kepala Bidang Pendidikan Madrasah (Penmad) Kanwil Kemenag Provinsi Maluku La Fata, S.Ag., M.H, yang mewakili Kepala Kantor Wilayah Kemenag Provinsi Maluku itu diikuti oleh 10 orang perwakilan dari satuan pendidikan madrasah di Maluku. Diantaranya 1 madrasah berasal dari wilayah Kabupaten Buru dan 4 madrasah dari Kabupaten Maluku Tengah.

Kepala MA Sairun Pulau Rhun Kasman Renyaan, S.Pd., M.Pd, mengatakan kegiatan Bimtek dan Pendampingan EDM dan e-RKAM ini sebagai upaya peningkatan mutu satuan pendidikan madrasah yang wajib diikuti, sehingga setiap madrasah dapat melakukan evaluasi diri terkait kelemahan dan kelebihannya, juga memaksimalkan penyusunan rencana kerja anggaran madrasah berbasis elektronik.

“MA Sarun Pulau Rhun sebetulnya dari tahun 2023 telah mendaftar untuk ikut dalam kegiatan Bimtek ini, tetapi waktu itu sekolah kami dibatalkan. Sebabnya kelebihan kuota peserta kegiatan dan juga termasuk madrasah baru yang belum pernah menerima dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS), sehingga dianggap belum layak ikut, sedangkan prioritas kegiatan Bimtek dan Pendampingan EDM dan e-RKAM ini adalah untuk madrasah yang telah menerima dana BOS.” Ujar Renyaan.

Renyaan, berharap dengan mengikuti kegiatan ini madrasah yang dipimpinya itu bisa segera berbenah dan terus berupaya memperbaiki mutu dan perecanaan anggaran belanja madrasah yang lebih baik, trasparan dan tertangungjawab dengan mengunakan sistem e-RKAM.

“Kami akan terus berupaya berbenah memperbaiki mutu madrasah kami demi mewujudkan misi besar madrasah yang unggul dan mendunia. Keikutsertaan dalam kegiatan Bimtek ini, kami berharap bisa mendapatkan ilmu dan pengetahuan terkait cara pengisian EDM dan e-RKAM. Karena pengisian EDM dan e-RKAM untuk usulan dana BOS tahun anggaran 2024 semester pertama beberapa bulan lalu, kami mengusukan dengan sistem manual, itupu dengan mengikuti panduan pengisian EDM belajar dari video Yotube.” Ungkapnya.

Untuk diketahui, keikutsertaan MA Sairun Pulau Rhun ini sesuai surat undangan yang dilayangkan oleh Kementrian Agama Republik Indonesia, Direktorat Jenderal Pendidikan Islam atas nama Direktur Jenderal Ketua PMU REP-MEQR, Arif Rahman, Nomor 911.5/PMU.MEQR/HM/V/2020 tanggal 16 Mei 2024. Sedangkan pelaksanaan kegiatan Bimtek dan Pendampingan EDM-RKAM ini akan berlangsung selama 4 hari, terhitung sejak tanggal 20-23 Mei.** (Ad).

Butuh bantuan?