Kakanwil Kemenag Resmikan MA Sairun Sekaligus Dorong Dijadikan MAK

Kepala Kakanwil Kemenag Provinsi Maluku, H. Yamin, S.Ag., M.Pd.I sedang menandatangai prasasti peresmian MA Sairun Pulau Rhun, Kecamatan Banda, Kabupaten Maluku Tengah, Rabu, (26/10/2022)

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kakanwil Kemenag), Maluku, H. Yamin, S.Ag, M.Pd.I, meresmikan Madrasah Aliyah Sairun Pulau Rhun (MA Sairun).

Peresmian ini ditandai dengan penandatangan batu prasasti bersama Ketua Yayasan Pendidikan Banda Niara Dr. Muhammad Farid, M.Sos, yang disaksikan Kepala Kantor Kementrian Agama Maluku Tengah, Taslim Tuasikal yang berlangsung di Negeri Admistratif Pulau Rhun, Rabu (26/10).

Dalam sambutannya Kakanwil Kemenag H. Yamin, mengatakan ia akan mendorong MA Sairun Pulau Rhun untuk menjadi Madrasah Aliyah Kejuruan (MAK) pertama di orovinsi Maluku. Alasannya mendorong menjadi MAK, mengingat potensi sumber daya alam perikanan dan kesiapan tenaga pengajar di bidang ilmu perikanan dan kelautan banyak tersedia di Pulau Rhun.

“Bila moratorium selesai, MA Sairun akan menjadi prioritas utama kita untuk didorong menjadi MAK perikanan pertama di Maluku. Potensi perikanan di Pulau Rhun sungguh luar biasa banyak. Apalagi madrasah ini berada langsung di bawah binaan universitas Banda Naira.” ujar Kakanwil dihadapan gurunya Prof. Dr. H. Hamadi B. Husen, yang saat itu juga turut hadir dalam acara peresemian itu.

Prof. Dr. Hamadi B. Husain dan Kepala Kakanwil Kemenag Provinsi Maluku

Menurut Kakanwil Yamin, Pulau Rhun memiliki sejarah panjang sebagai pulau yang pernah di tukar dengan Manhattan, sehingga pengembangan sumber daya manusia perlu menjadi prioritas, terutama dalam membangun kawasan terpencil yang menjadi sentra perikanan dan parawisata.

Selain mendorong MA Sairun menjadi MAK, Yamin juga menyatakan akan menegrikan MTs Gemala Hatta, jika madrasah swasta itu diakusisi oleh Yayasan Pendidian Banda Naira dari Yayasan Citra Bahari.

“Jika MTs Gemala Hatta telah dialihkan ke yayasan baru segera usulkan penegrian, sehingga tahun depan kita prioritaskan untuk mendapatkan bantuan pembangunan fisik sarana dan prasarana pendidikan,” ucap Yamin.

Turut hadir dalam acara peresmian MA Sairun, yakni Kepala Bidang Bimas Islam Kanwil Kemeng M. Rusdi Latuconsina, Kasi Kelembagaan dan Sistem Informasi Madrasah Murtadho, M.Pd., Sub koordinator Umum dan Humas H. Abd Karim Rahantan, S. Ag., MH, Kasi Pendikan Islam Maluku Tengah H Ahmad Sou, M.MP, Kasi Bimas Islam Maluku Tengah, Yadi Wasahua, S.Ag dan sejumlah kepala madrasah se-Kecamatan Banda. (Sumber: Malukunews.co)

Butuh bantuan?